5 Fungsi Pompa Air dan Masalah yang Sering Terjadi

27 December 2023

Fungsi Pompa Air

Fungsi pompa air dalam membantu berbagai aktivitas khususnya pertanian sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Kehadirannya sebagai teknologi terbaru sungguh meringankan beban pekerjaan sehari-hari. 

Belum lagi kalau ladang pertanian memiliki jarak yang cukup jauh dari rumah. Sobat Honda pasti harus bolak-balik menimba air supaya tanaman dapat bertumbuh seperti yang seharusnya. Jika Sobat Honda masih belum memiliki pompa air karena alasan tidak membutuhkannya maka coba pikirkan lagi baik-baik. 

Ada kemungkinan bahwa Sobat Honda belum mengenali alat satu ini dengan baik. Pasalnya ada banyak fungsi dan keuntungan yang bisa Sobat Honda rasakan ketika menggunakan pompa air. Perhatikan informasinya di bawah ini untuk mendapati kebenaran yang belum pernah Sobat Honda ketahui. 

Berbagai Fungsi Pompa Air

Pompa air tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga atau pertanian saja. Melihat dari banyaknya jenis pompa air yang tersedia di pasaran membuktikan bahwa ada banyak kegunaan yang bisa dirasakan. Beberapa fungsinya bisa Anda lihat sebagai berikut.

1. Memompa Air dari Dalam Sumur

Masyarakat yang hidup di daerah perkotaan pasti tidak pusing dengan ketersediaan sumber air bersih. Namun tidak demikian dengan masyarakat yang hidup di daerah pedesaan karena akses ke air bersih masih sangat terbatas. 

Tidak jarang juga air bersih hanya bisa diakses melalui penggalian sumur dengan jarak yang cukup dalam. Pada keadaan seperti inilah pompa air dibutuhkan yaitu untuk memompa air sumur yang sangat dalam ke luar. 

Tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga untuk menimba air berkali-kali, masyarakat jadi dapat mengakses air bersih untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Mesin Pompa Air Honda Asli

2. Memindahkan atau Mentransfer Air

Keberadaan pompa air secara khusus juga berfungsi untuk memindahkan serta mentransfer air dari satu tempat ke tempat lainnya. Contohnya dalam kegiatan pertanian dan agrikultur lain yang membutuhkan jumlah air cukup banyak. 

Tentu Anda akan kelelahan apabila menimba dan mengangkat air dari rumah ke ladang dengan jarak yang jauh. Belum lagi jalanan di pedesaan tidak selalu rata melainkan naik turun. Walaupun sudah terbiasa, Anda tetap akan kelelahan di penghujung hari. 

Adanya pompa air membuat proses pemindahan atau transfer air menjadi lebih mudah, cepat, ringan, serta efisien. Tinggal atur pipa air dan nyalakan maka kegiatan irigasi tanaman akan segera selesai. 

3. Pengairan di Berbagai Taman di Daerah Perkotaan

Anda pasti tidak pernah tahu bahwa pompa air juga berguna untuk pengairan di berbagai teman di daerah perkotaan. Sumber air yang bisa Anda nikmati di taman seperti di wastafel atau untuk mengairi tanaman merupakan hasil pengairan dari pompa air berkualitas. 

4. Mengalirkan Air Banjir 

Pompa air juga berfungsi untuk mengalirkan air banjir baik dari dalam rumah ke luar ataupun dari basement. Pompa air membuat air lebih cepat surut sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali secara normal.

5. Mengisi dan Menguras Kolam Ikan

Pompa air juga bisa digunakan untuk mengisi dan menguras kolam ikan. Tentunya kolam ikan perlu diganti atau dikuras saat waktu panen. Anda bisa saja menguras dan mengisinya secara mandiri tetapi akan membutuhkan waktu yang panjang. 

Waktu seharian saja kemungkinan besar tidak akan cukup untuk membersihkan kolam ikan. Itu sebabnya pompa air dapat membantu mempercepat pekerjaan Anda dalam menguras serta mengisi kolam.

Baca juga: 3 Jenis Pompa Air Irigasi Dari Honda Dan Cara Kerjanya

Masalah yang Sering Terjadi Pada Pompa Air

Setiap alat yang digunakan untuk kebutuhan agrikultur pasti akan bermasalah kalau Anda tidak melakukan perawatan dengan baik. Tidak jarang juga masalah terjadi karena kesalahan cara penyimpanan. 

Bukan karena kualitas mesinnya yang buruk tetapi kelalaian pemilik dalam menggunakan pompa air. Cobalah untuk menghindari masalah-masalah yang sering terjadi pada pompa air berikut ini.  

1. Mesin Tidak Hidup

Mesin bisa tidak hidup karena banyak alasan seperti busi yang kotor, bahan bakar yang habis, atau karburator yang kotor. Oleh karena itu Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala terhadap seluruh komponen pompa air. Pastikan untuk melakukan perawatan berkala. 

Jangan melakukan pengisian bahan bakar pada saat kondisi mesin hidup namun pastikan mesin dalam keadaan tidak hidup. Periksa juga olinya apakah masih bagus atau tidak. Ada baiknya Anda melakukan penggantian oli secara berkala sesuai anjuran agar pompa air dapat terus digunakan untuk jangka waktu yang panjang. 

Jika semua yang Anda lakukan tidak berhasil maka langsung saja bawa pompa air ke dealer resmi Honda untuk dilakukan pengecekan serta perbaikan.

2. Pompa Tidak Bisa Mengalirkan Air

Masalah selanjutnya yang sering terjadi ialah air tidak mengalir dari pompa. Jika hal ini terjadi Anda harus langsung memeriksa rumah pompa, saringan, dan kebocoran selang.

Sangat mungkin terjadi kebocoran yang tidak Anda sadari namun membuat daya sedot pompa air jadi berkurang. Apabila hal ini terjadi maka Anda harus memperbaiki bagian mana saja yang bermasalah dan jika tidak berhasil bisa langsung membawa pompa air ke dealer resmi Honda. 

Demikian informasi mengenai fungsi pompa air dan masalah yang sering terjadi ketika menggunakannya. Semoga penjelasan di atas membantu Sobat Honda memahami cara penggunaan pompa air ketika persiapan pengoperasian demi menghindari permasalahan yang bisa terjadi.

Supaya tidak ada masalah serius ketika menggunakan pompa air maka Anda perlu memilih produk terbaik. Pastikan mesin penggeraknya berkualitas seperti produk Honda Power yang sudah menggunakan mesin 4 tak Seri GX atau GP dengan pengembangan rumah pompa dan kipas teknologi terbaru Honda R&D Japan.

Anda bisa menemukan kualitas pompa air terbaik di Honda Power yang sudah berkecimpung dalam industri mesin selama puluhan tahun. Temukan pompa air terbaik dan tepercaya sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Honda Power Product!

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->