3 Jenis Pompa Air Irigasi dari Honda dan Cara Kerjanya

07 January 2023

Jenis Jenis Pompa Irigasi

Jenis pompa air irigasi biasanya digunakan dalam penyediaan dan penggunaan air untuk menunjang pertanian. Misalnya untuk melakukan irigasi pengairan sawah, pengairan kolam peternakan, irigasi air bawah tanah, serta untuk kebutuhan proyek pembangunan.

Irigasi berarti mengalirkan air secara buatan dari sumber yang tersedia ke sebidang lahan untuk memenuhi kebutuhan baik permanen atau pun hanya sementara. Prinsip kerja irigasi pompa yaitu dengan mengambil air dari sumbernya, lalu mengalirkannya ke sumber lahan pertanian, kemudian mendistribusikannya pada tanaman.

Pendistribusian air dalam sistem irigasi dapat dilakukan melalui saluran terbuka dan tertutup. Sistem Irigasi dengan pompa air mencakup dua komponen utama. Pertama, bak penampung air sebagai reservoir untuk mendekatkan jarak dari sumber air ke lahan pertanian.

Kedua, distribusi air yang bisa dilakukan secara tertutup atau terbuka, tergantung dengan lahan yang hendak dialiri air. Untuk pengairan di persawahan, pengairan bisa dilakukan secara terbuka, sedangkan pengairan untuk perkebunan bisa dilakukan dengan cara tertutup.

Kegiatan irigasi pompa air diprioritaskan pada lahan pertanian yang sering mengalami kendala atau kekurangan air, terutama pada musim kemarau. Untuk melakukan irigasi pompa air ini, Anda dapat menggunakan jenis pompa sentrifugal, penggerak diesel dan bensin, serta diameter pompa maksimal 3 inch. 

Honda menyediakan jenis pompa air sentrifugal yang dapat membantu Anda melakukan pengairan air dengan cepat dan efisien. Ada beberapa jenis pompa air irigasi dari Honda yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Simak selengkapnya pada uraian di bawah ini. 

Jenis Pompa Air Irigasi Honda

Untuk memperlancar proses irigasi, Honda menyediakan pompa air yang bisa Anda gunakan sesuai dengan ukuran lahan. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, termasuk ukuran lubang isap hingga lubang pengalirannya. Ada beberapa jenis dan tipe pompa air Honda yang perlu Anda ketahui sebelum berencana memilikinya, supaya Anda dapat menentukan dengan tepat. Berikut ini spesifikasi dan kelebihannya.

1. Pompa Air WB20XN NF dan Pompa Air WB30XN NF

Pompa Air WB20XN NF dan Pompa Air WB30XN NF

Pompa air seri WB dari Honda termasuk salah satu pompa paling mengesankan yang dimiliki Honda. Volume air yang dihasilkan pompa air ini telah dirancang sesuai dengan keinginan Anda. 

Kapasitas maksimum pengairan jenis Pompa Air WB20XN NF ini 670 L per menit. Sementara, untuk Pompa Air WB30XN NF kapasitas maksimum pengairannya mencapai 1.100 L per menit. Anda bisa melakukan pengairan dengan lebih cepat menggunakan jenis pompa air ini.

Dilengkapi dengan mesin GX160 Honda 4-stroke yang menggerakan pompa air ini, membuatnya jadi lebih mudah untuk dihidupkan, mudah digunakan, hemat bahan bakar, daya tahannya lebih lama, dan emisi rendah.

Lubang isap dan lubang pengaliran maksimal untuk jenis WB20XN adalah 50 mm atau sekitar 2 inch. Sementara itu, dimensi ukurannya mencakup panjang 485 mm, lebar 385 mm, dan tinggi 405 mm. Berat keringnya sendiri mencapai 24.15 kg.

Sedangkan untuk pompa air seri WB30XN, ukuran lubang isap dan lubang pengalirannya 80 mm atau 3.1 inch, lebih besar dari seri sebelumnya. Anda dapat menggunakan pompa air ini apabila lahan pertanian Anda cukup luas. 

2. Pompa Air WL20XN NF dan Pompa Air WL30XN NF

Pompa Air WL20XN NF dan Pompa Air WL30XN NF

Pompa Air WL20XN dan Pompa Air WL30XN NF hadir dengan desain yang lebih baik dan berkinerja tinggi, cocok digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk irigasi sawah dan perkebunan. Mesin GP160 4-tak yang disematkan pada kedua pompa air ini dapat digunakan untuk pemakaian harian. Mesinnya juga mudah untuk dihidupkan, hemat bahan bakar, dan rendah emisi. 

Untuk WL20XN, lubang isap dan lubang pengalirannya 50 mm atau 20 inch. Sedangkan kapasitas maksimum pengairannya mencapai 670 L per menit. 

Sementara itu, pada pompa air tipe WL30XN, ukuran lubang isap dan lubang pengalirannya 80 mm atau 3,1 inch. Untuk kapasitas maksimum pengairannya mencapai 1.100 L per menit. Berat kering pompa tipe ini adalah 25 kg, sedikit lebih berat dari tipe WL20XN. 

3. Trash Pump 

Jenis Pompa Air Irigasi Trash Pump 

Pompa air yang satu ini dirancang untuk memompa air dalam jumlah besar untuk air yang berisi lumpur, daun, ranting, pasir, dan lain sebagainya. 

Aplikasi pompa ini dapat Anda lihat dalam berbagai jenis industri, seperti pengolahan air limbah, pertambangan, agrikultur, kimia, farmasi, dan berbagai jenis industri besar lainnya. 

Honda menyediakan trash pump yang sangat ideal untuk pekerjaan khusus dan aplikasi yang memerlukan volume tinggi dalam menyaring air. Pompa air ini terdiri dari beberapa tipe, di antaranya Trash Pump WT20XK4, Trash Pump WT30XK4, dan Trash Pump WT40XK3

Didukung oleh mesin Honda seri GX komersial yang mudah dihidupkan dan memiliki tenaga andal untuk beroperasi dalam kondisi berat. Anda akan mendapatkan garansi selama 1 tahun jika memiliki pompa air jenis trash pump, WL, dan WB di Honda. 

Dapatkan pompa air dari Honda sekarang juga hanya di Honda Power Products. Rasakan kemudahan dalam irigasi sawah dan perkebunan Anda. Hubungi kami juga secara lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai jenis pompa air irigasi  ini.

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait