8 Perbedaan Pertanian dan Perkebunan

27 March 2023

perbedaan pertanian dan perkebunan

Sobat Honda pasti sudah tak asing lagi dengan apa yang dimaksud dengan pertanian dan perkebunan. Namun, apakah Anda sudah mengenal perbedaan pertanian dan perkebunan? Kedua industri ini memang pada dasarnya memiliki cara kerja yang hampir sama, pada dasarnya ada banyak perbedaan yang perlu Sobat Honda ketahui. 

Itu sebabnya, Sobat Honda perlu mengenali perbedaan keduanya baik dari segi tanamannya maupun skala usaha serta tata kelolanya. Dalam artikel ini, Honda Power akan membagikan beberapa perbedaan pertanian dan perkebunan secara lengkap. Pastikan Anda membaca informasi berikut ini hingga akhir. 

8 Perbedaan Pertanian dan Perkebunan

Pertanian dan perkebunan adalah dua sektor utama dalam industri pertanian yang sering membuat banyak orang kebingungan, apakah keduanya sama? Meskipun memiliki beberapa kesamaan, kedua sektor ini memiliki beberapa perbedaan penting yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut adalah 8 perbedaan penting antara pertanian dan perkebunan:

1. Jenis Tanaman

Dalam pertanian, tanaman yang ditanam biasanya berkaitan dengan kebutuhan lokal, seperti sayuran, buah-buahan, bahan baku industri, atau bahan baku makanan. Sementara itu, dalam perkebunan, tanaman yang ditanam biasanya berkaitan dengan pasar global, seperti kelapa sawit, karet, teh, atau kopi.

Di beberapa daerah, pertanian juga dapat mengkhususkan diri dalam penanaman tanaman hias, tanaman obat, atau tanaman unik yang memiliki nilai jual tinggi. Dalam perkebunan, tanaman yang ditanam bisa juga berkaitan dengan pasar hiburan, seperti tanaman taman atau tanaman bonsai.

Penting untuk memahami jenis tanaman yang ditanam dalam pertanian dan perkebunan, karena jenis tanaman ini memengaruhi faktor-faktor seperti hasil produksi, tingkat kerumitan manajemen, dan dampak lingkungan.

Baca juga: 5 Perbedaan Pertanian Zaman Dahulu dan Sekarang

2. Skala Usaha

Skala usaha pertanian dan perkebunan bisa bervariasi tergantung pada faktor seperti ukuran lahan, sumber daya yang tersedia, dan tingkat investasi yang dilakukan. Dalam pertanian, skala usaha bisa berkisar dari petani kecil yang memiliki lahan kecil hingga perusahaan pertanian besar yang memiliki lahan ribuan hektar.

Sedangkan dalam perkebunan, skala usaha bisa berkisar dari perkebunan kecil yang hanya memiliki beberapa hektar lahan hingga perusahaan perkebunan besar yang memiliki lahan puluhan ribu hektar. 

Skala usaha perkebunan juga bisa bervariasi tergantung pada jenis tanaman yang ditanam, karena beberapa tanaman membutuhkan lahan yang lebih luas dibandingkan dengan tanaman lain.

3. Metode Penanaman

Dalam pertanian, metode penanaman yang digunakan bisa berkisar dari metode tradisional seperti penanaman secara alami hingga metode modern seperti sistem pertanian intensif yang menggunakan teknologi tinggi.

Sedangkan dalam perkebunan, metode penanaman yang digunakan bisa berkisar dari metode tradisional seperti penanaman secara alami hingga metode modern seperti sistem perkebunan intensif yang menggunakan teknologi tinggi. 

Metode penanaman dalam perkebunan pun bisa bervariasi tergantung pada jenis tanaman yang ditanam seperti sistem penanaman monokultur atau sistem penanaman tanaman hutan.

4. Sumber Daya

Pertanian biasanya memerlukan sumber daya alam seperti air, tanah, dan matahari, serta tenaga kerja manusia. Sementara itu, perkebunan memerlukan sumber daya alam, teknologi, dan modal yang lebih besar. 

Namun dalam hal teknologi, saat ini pertanian pun kini juga banyak memanfaatkannya untuk mempercepat kinerja dan waktu panen. Meski demikian, hasilnya tetap sama-sama sempurna dan maksimal. 

5. Tujuan Usaha

Pertanian memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan bahan baku bagi masyarakat, serta memperoleh pendapatan. Sementara itu, perkebunan memiliki tujuan untuk memperoleh pendapatan dari penjualan hasil tanaman, baik secara lokal maupun internasional.

6. Dampak Lingkungan

Pertanian biasanya memiliki dampak yang lebih sedikit pada lingkungan, karena menggunakan metode yang lebih alami dan ramah lingkungan. Sementara itu, perkebunan memiliki dampak yang lebih besar pada lingkungan, terutama karena penggunaan teknologi dan bahan kimia yang lebih intensif.

7. Pasar dan Distribusi

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, hasil pertanian lebih menyasar ke pasar lokal dengan pendistribusian ke pasar setempat atau dijual langsung ke konsumen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Sementara itu, perkebunan memiliki pasar yang lebih luas, dengan hasil tanaman yang didistribusikan ke berbagai negara dan pasar global. Meski demikian, tak menutup kemungkinan, hasil perkebunan juga menyasar ke pasar lokal.

8. Tata Kelola dan Manajemen

Pertanian biasanya dikelola dan dikembangkan oleh individu atau keluarga dengan tata kelola yang lebih sederhana. Sementara itu, perkebunan umumnya dikelola dan dikembangkan oleh perusahaan besar atau korporasi dengan tata kelola yang lebih terintegrasi dan profesional.

Melalui pemahaman tentang perbedaan antara pertanian dan perkebunan, Sobat Honda dapat lebih memahami bagaimana kedua sektor ini berfungsi dan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Karena itu, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk memperhatikan serta meningkatkan kualitas kedua sektor ini agar dapat memenuhi kebutuhan dan memperoleh manfaat yang optimal.

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk menunjang hasil pertanian maupun perkebunan yang lebih besar dengan kualitas yang lebih baik adalah dengan melengkapi peralatan pertanian dan perkebunan dengan alat yang berkualitas. Tak perlu bingung, sebab Honda Power hadir untuk membantu Sobat Honda dalam setiap proses pertanian dan perkebunan. 

Untuk memastikan tanah yang akan digunakan untuk menanam dalam kondisi yang maksimal, Sobat Honda, terutama yang berada di bidang pertanian, membutuhkan traktor berkualitas yang andal. 

Honda Power merancang traktornya dengan mesin GX seri kelas komersial yang mudah dihidupkan. Selain itu, mesin ini juga memberikan kekuatan yang cukup meski dalam kondisi tanah yang berat sekalipun. Tak ada yang perlu diragukan lagi, segera temukan traktor terbaik dan tepercaya sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Honda Power Product.

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait