4 Cara Memperbaiki Karburator Mesin potong Rumput Dorong

29 November 2023

cara memperbaiki karburator mesin rumput

Apakah Sobat Honda pernah mengalami kesulitan dalam menghidupkan mesin potong rumput ketika ingin memulai aktivitas memotong rumput? Bisa jadi hal ini disebabkan karena adanya komponen yang mengalami kerusakan, salah satunya karburator. Lalu, bagaimana cara memperbaiki karburator mesin rumput? Sebelum memperbaikinya, Sobat Honda perlu tahu terlebih dahulu penyebab atau ciri-cirinya.

Setelah mengetahui ciri-cirinya dengan tepat, Sobat Honda dapat melakukan servis mesin rumput ke bengkel Honda terdekat. Nantinya, karburator tersebut akan dibersihkan dan beberapa komponen pada karburator lainnya akan diganti jika mengalami kerusakan.

Salah satu kendala yang sering terjadi pada karburator mesin rumput adalah karburator banjir yang mengakibatkan mesin potong rumput sulit dinyalakan. Kebocoran pada karburator tersebut biasanya muncul karena bagian-bagian karburator telah mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi pada mesin potong rumput harus segera diperbaiki, supaya kerusakannya tidak merambah pada komponen yang lain. Sebelum memperbaikinya, Sobat Honda perlu tahu apa saja gejala-gejala yang muncul pada karburator yang mengalami kerusakan, sehingga perbaikannya dapat dilakukan dengan tepat. Ketahui berbagai gejalanya di bawah ini.

Ciri-Ciri Karburator Mesin Rumput Dorong Bermasalah

Ketika mesin potong rumput rusak atau sulit dihidupkan, komponen pertama yang harus Sobat Honda periksa adalah karburator. Fungsi karburator sendiri untuk menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Jika komponen ini mengalami kendala, otomatis mesin potong rumput Sobat Honda tidak bisa digunakan. Kendala apa saja yang biasanya terjadi pada mesin potong rumput? Yuk cari tahu lebih lanjut ciri-cirinya di bawah ini.

1. Karburator Banjir

Banjir pada karburator mesin potong rumput ditandai oleh keluarnya bahan bakar dari bagian depan karburator atau bahan bakar masuk kedalam ruang bakar. Penyebab dari masalah ini karena jarum karburator mesin tersumbat kotoran. Bisa juga karena jarum karburator tersebut telah aus.

Pada karburator mesin potong rumput juga terdapat komponen pelampung yang bisa jadi pemasangannya salah. Akibatnya, membuat mesin potong rumput jadi sulit untuk dinyalakan. Alhasil Sobat Honda tidak dapat menggunakannya saat dibutuhkan. 

2. Karburator Bocor

Karburator mesin potong rumput yang mengalami kebocoran ditandai dengan adanya tetesan bahan bakar pada bagian bawah karburator Salah satu penyebab persoalan ini adalah paking karburator mengalami kerusakan. Untuk itu, penting bagi Sobat Honda selalu memeriksa komponen ini supaya mesin potong rumput selalu dalam keadaan optimal.

3. Putaran Mesin Tidak Stabil

Ciri-ciri lain karburator mesin potong rumput mengalami kendala yaitu ketika putaran mesin tidak stabil. Penyebabnya bisa jadi karena komponen di dalam karburator tersumbat oleh kotoran (pilot jet, main jet, main nozzle, dan lubang ventilasi). 

4. Emisi yang Berlebihan

Emisi berlebihan pada mesin rumput dorong dapat terlihat dari peningkatan jumlah asap atau gas buang yang tidak normal saat mesin beroperasi. Hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada karburator yang mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar tidak optimal. Emisi yang berlebihan seringkali disertai dengan bau bahan bakar yang kuat atau tanda-tanda kelebihan bahan bakar lainnya. Peningkatan emisi ini tidak hanya dapat merugikan lingkungan, tetapi juga dapat menjadi indikasi bahwa sistem karburator perlu diperiksa dan mungkin memerlukan perbaikan untuk memastikan keseimbangan campuran udara dan bahan bakar yang sesuai.

5. Perubahan Suara

Perubahan suara pada mesin rumput dorong bisa menjadi tanda permasalahan pada karburator. Mesin yang menghasilkan suara tidak biasa, seperti gemeretak, suara kasar, atau bahkan suara mati-mati saat beroperasi, seringkali terkait dengan ketidakseimbangan campuran udara dan bahan bakar yang dihasilkan oleh karburator yang bermasalah. Perubahan suara yang mencolok dari biasanya bisa menjadi petunjuk bahwa komponen karburator perlu diperbaiki atau ganti komponen agar mesin dapat beroperasi dengan baik dan lancar.

Baca Juga: 8 Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Mau Hidup

Cara Memperbaiki Karburator Mesin Rumput yang Bermasalah

Setelah Sobat Honda mengetahui apa saja penyebab dan ciri-ciri mesin potong rumput bermasalah, kini Sobat Honda bisa lebih tahu cara memperbaiki mesin potong rumput tersebut. Sobat Honda pun bisa memperbaiki mesin potong rumput ini dengan lebih cepat dan mudah. Berikut ini cara memperbaikinya.

1. Bersihkan Karburator

Salah satu cara paling efektif untuk memperbaiki karburator mesin rumput yang bermasalah yaitu dengan membersihkannya. Sobat Honda dapat menggunakan pembersih karburator khusus atau menyiramnya dengan pelarut seperti benzena atau aseton untuk membersihkan kotoran dan karbon yang mungkin menyumbat saluran karburator. 

Pastikan untuk menyiramkan pelarut tersebut dari arah terbalik untuk membersihkan kotoran yang tertahan di dalamnya. Berikut tahapan-tahapan yang dapat Sobat Honda lakukan untuk membersihkan karburator tersebut.

  • Buka tutup karburator dan lepaskan filter udara.

  • Lepaskan spring, rod, yang ada di karburator dan tuas gas.

  • Lepaskan selang bensin.

  • Buka baut karburator untuk membongkar bagian dalam karburator.

  • Lepaskan pin pelampung untuk melepas pelampung dan jarum karburator.

  • Perhatikan jarum pelampung, jika telah aus Sobat Honda dapat menggantinya dengan yang baru.

  • Gunakan kuas dan bensin untuk membersihkan dinding bagian dalam karburator. Bersihkan juga bagian spuyer hingga lubangnya terbebas dari kotoran. Setelah itu, semprot dengan angin supaya pembersihannya lebih sempurna.

  • Setelah semua bersih dan kering, rakit kembali komponen yang telah dibuka dengan benar. Upayakan jangan sampai ada yang terbalik atau tertukar.

  • Pasang kembali spring, rod, dan tuas gas karburator. Pastikan seluruh baut telah dikencangkan dengan benar.

  • Pasang kembali filter udara.

2. Menyetel Ulang Karburator

Setelah membersihkan karburator, Sobat Honda harus menyetel ulang karburator untuk memastikan ada udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin dalam jumlah yang tepat. Ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan pengaturan bahan bakar dan udara. 

Proses menyetel ulang karburator ini dapat Sobat Honda lakukan di bengkel Honda terdekat. Sebaiknya memang dilakukan oleh mekanik berpengalaman supaya tidak ada masalah lain yang terjadi akibat penyetelan ulang yang salah pada karburator tersebut.

3. Cek Komponen Lainnya

Selain membersihkan dan menyetel ulang karburator, Sobat Honda juga harus mengecek komponen lain yang mungkin bermasalah. Misalnya, mengecek air di tangki gas atau memeriksa saluran bahan bakar dan udara. Mungkin saja ada kotoran yang tersumbat pada komponen tersebut. 

Jika Sobat Honda menemukan masalah pada komponen lain, sebaiknya segera menggantinya untuk memastikan kinerja mesin yang optimal. Sobat Honda dapat melakukan penggantian komponen tersebut di bengkel Honda terdekat di kota Sobat Honda .

4. Lakukan Perawatan Rutin 

Sangat penting bagi Sobat Honda melakukan perawatan rutin pada mesin potong rumput, supaya kondisinya selalu dalam keadaan optimal. Sobat Honda dapat mencari tahu perawatan apa saja yang perlu dilakukan dari buku panduan yang diberikan Honda.

Setelah itu, Sobat Honda dapat membawa mesin potong rumput ke bengkel Honda terdekat untuk melakukan perawatan rutin. Setidaknya, Sobat Honda dapat melakukan servis sebulan sekali untuk memastikan kondisi mesin rumput selalu dalam kondisi optimal dan siap digunakan saat Sobat Honda memerlukannya.

Cara memperbaiki karburator mesin rumput ini sangat penting Sobat Honda ketahui dan pahami. Jadi, saat ciri-ciri karburator tersebut dialami oleh mesin potong rumput Sobat Honda , Sobat Honda pun dapat segera memperbaikinya dengan tepat atau membawanya ke bengkel Honda terdekat. 

Jangan sampai Sobat Honda memaksa mesin potong rumput bekerja saat mengalami kondisi tersebut. Alhasil, mesin potong rumput akan mati dan tidak bisa digunakan. Selalu lakukan perawatan rutin ke bengkel Honda untuk menjaga mesin potong rumput dalam keadaan optimal.

Baca juga: 4 Penyebab Mesin Potong Rumput Tidak Bertenaga

Cara memperbaiki karburator ini berlaku untuk jenis potong rumput gendong maupun dorong dari Honda. Sobat Honda memerlukan mesin potong rumput dengan performa yang dapat diandalkan? Temukan mesin potong rumput terbaik dan tepercaya sesuai dengan kebutuhan Sobat Honda hanya di Honda Power Products! Cek official website-nya sekarang juga!

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->