10 Cara Menghemat Listrik di Rumah

29 December 2023

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Imbauan menghemat energi listrik selalu digaungkan oleh pemerintah. Imbauan tersebut bukan dilakukan tanpa alasan atau hanya keisengan belaka karena menghemat listrik dapat mendatangkan dampak positif terhadap berbagai aspek kehidupan. Sobat Honda pasti sedikit banyak sudah mengetahui cara menghemat listrik di rumah. 

Dari sesederhana mematikan lampu sampai mencabut alat elektronik yang tidak digunakan. Tetapi masih ada banyak lagi hal-hal sederhana yang tidak disadari dapat membawa dampak besar ketika dilakukan. Coba perhatikan cara lain untuk menghemat listrik di bawah ini!

Bagaimana Cara Menghemat Listrik di Rumah?

Menghemat penggunaan listrik bukan hanya dilakukan untuk menekan pengeluaran bulanan. Meski benar bahwa tujuan utama yang sering kali menjadi pendorong penghematan listrik adalah biaya tetapi Anda juga sudah membantu menjaga lingkungan. 

Makin sedikit listrik yang digunakan maka makin mengurangi pemanasan suhu global yang dihasilkan oleh penggunaan listrik. Itu berarti Anda sedang memelihara tanaman serta bumi yang menjadi tempat tinggal seluruh makhluk hidup. 

Jadi bagaimana cara menghemat listrik yang bisa dilakukan di rumah?

1. Putuskan Arus Listrik Ketika Tidak Digunakan

Matahari menjadi salah satu sumber cahaya yang bisa Anda manfaatkan dengan maksimal. Ketika cahayanya terus menerangi bumi maka ini adalah waktu yang tepat untuk mematikan seluruh lampu di rumah. 

Itu sebabnya penting untuk memiliki jendela besar sehingga cahaya matahari bisa masuk dan menerangi seluruh rumah. Anda juga bisa mematikan seluruh alat elektronik yang tidak lagi digunakan. 

Baca Juga: 7 Penyebab dan Cara Memperbaiki Genset Tidak Keluar Tegangan

Selain lampu, Anda bisa mencabut charger smartphone, rice cooker, oven, dan alat-alat lainnya yang membutuhkan listrik tetapi sudah tidak lagi diperlukan sementara waktu. Jangan membiarkannya dengan terus tercolok untuk waktu yang lama karena listrik akan terus mengalir. 

Selain alasan penghematan, mencabut perangkat elektronik berguna untuk menghindarkan Anda dari arus pendek yang bisa terjadi kapan saja. 

2. Bersihkan Alat Elektronik Secara Berkala

Alat elektronik yang dibersihkan secara berkala akan memastikan pemakaian listrik tetap normal seperti yang seharusnya. Pasalnya alat elektronik yang kotor akan membuat sistem di dalamnya bekerja lebih keras sehingga pemakaian listrik juga lebih besar. 

Jadi jangan kaget kalau suatu hari Anda melihat biaya tagihan listrik yang membengkak padahal pemakaian listrik tetap sama. Oleh karena itu bersihkan alat-alat elektronik yang Anda gunakan secara berkala. Contohnya seperti service AC beberapa bulan sekali untuk memastikan kotoran dan debu yang menempel menjadi bersih.

Baca juga: Jadwal Perawatan Genset (Minggu, Bulan, Dan Tahunan)

3. Gunakan Alat Elektronik Hemat Energi

Tidak bisa dimungkiri bahwa ada beberapa alat elektronik yang memerlukan daya listrik dalam jumlah besar. Pemakaian alat elektronik tersebut dapat membuat biaya listrik bulanan Anda jadi membengkak. 

Sebenarnya Anda bisa menggantinya dengan alat yang sudah memiliki sistem penghemat energi yang biasa disebut inverter. Alat elektronik berteknologi inverter terbukti menggunakan listrik lebih sedikit sehingga Anda bisa menghemat lebih lagi.

Baca juga: 10 Daftar Perlengkapan Camping Ini Tidak Boleh Anda Lewatkan

4. Menggunakan Air Conditioner dengan Bijak

Cuaca Indonesia yang panas membuat masyarakat tergoda menggunakan AC sepanjang hari. Padahal tindakan seperti ini membuat pemakaian listrik menjadi sangat besar dan dapat meningkatkan suhu global secara cepat. 

Bukan berarti Anda tidak boleh menyalakan AC sama sekali karena tindakan ini adalah hak masing-masing pribadi. Namun Anda bisa menjadi lebih bijak dalam menyalakan AC. Anda bisa mencoba menggunakan AC pada malam hari saja ketika sedang beristirahat. 

Kemudian pada pagi sampai sore hari Anda bisa memanfaatkan hembusan angin alami dari luar untuk masuk ke rumah melalui jendela. 

5. Atur Suhu Kulkas Sesuai Kebutuhan

Selain AC, Anda juga perlu mengatur suhu kulkas sesuai kebutuhan. Saat makanan yang disimpan tidak terlalu banyak maka Anda bisa mengatur suhunya ke yang paling rendah sehingga tidak ada listrik yang terbuang sia-sia. Kemudian Anda bisa mematikan kulkas ketika melakukan perjalanan ke luar kota untuk waktu yang lama. 

6. Manfaatkan Jendela untuk Sirkulasi Udara yang Lebih Baik

Jendela yang terpasang di rumah sering tidak dimanfaatkan secara optimal untuk kebutuhan manusia. Padahal Anda bisa menggunakannya untuk membiarkan udara masuk dan memberikan kesegaran yang dibutuhkan sepanjang hari. 

Membiarkan udara masuk ke rumah akan menurunkan suhu yang sangat panas dan juga membuat sirkulasi dalam ruangan menjadi lebih baik bagi kesehatan. Jadi mulailah gunakan jendela Anda secara maksimal untuk menghemat energi agar tidak menyalakan AC ataupun lampu. 

7. Gunakan Sistem Token Listrik

Apabila menggunakan sistem listrik yang dibayar di akhir bulan membuat Anda terus boros maka sistem token atau prabayar bisa dicoba. Sistem token listrik mengacu pada pembayaran sesuai jumlah yang Anda tentukan. 

Penggunaan prabayar seperti ini akan membuat Anda lebih hemat ketika menggunakan listrik. Anda jadi bisa mengatur dan mengelola pemakaian listrik secara lebih disiplin karena sudah dibatasi jumlah tertentu. 

8. Manfaatkan Genset

Menggunakan genset juga bisa membantu Anda menghemat listrik. Genset yang menggunakan bahan bakar bensin membuat pemakaian listrik PLN lebih sedikit dari biasanya, terutama ketika sedang melangsungkan acara.

Anda bisa memanfaatkan genset untuk menyalakan beberapa alat elektronik krusial sehingga pemakaian listrik dapat ditekan serendah mungkin. Jangan lupa memilih genset berkualitas yang aman serta terjamin mengalirkan listrik dengan stabil.

9. Mengganti Lampu Rumah dengan yang Hemat Energi

Salah satu cara untuk menghemat energi listrik di rumah adalah dengan mengganti lampu rumah Sobat Honda dengan lampu yang lebih efisien. Seperti beralih ke lampu LED yang merupakan pilihan hemat energi yang baik. Hal ini dikarenakan Lampu LED membutuhkan daya yang lebih rendah dibandingkan dengan lampu konvensional, sehingga dapat mengurangi tagihan listrik rumah Sobat Honda secara signifikan.

10. Menggunakan Air Secukupnya

Sobat Honda dapat mengurangi penggunaan energi di rumah dengan penggunaan air yang hemat. Dengan membatasi penggunaan air di rumah, Sobat Honda dapat mengurangi pemborosan air yang berharga. Selain itu, penggunaan listrik juga dapat diminimalisir karena pompa air tidak perlu beroperasi terus-menerus untuk memompa air dari sumbernya ke tempat penyimpanan.

Baca juga: Rekomendasi Genset Silent Terbaik Untuk Rumah Tangga

Jadi bagaimana Sobat Honda? Cara menghemat listrik di rumah yang baru saja dijelaskan tidak sulit dilakukan, bukan? Melakukan penghematan listrik tersebut juga sudah terbukti efektif memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain, termasuk bumi secara keseluruhan. 

Berbicara soal genset pada poin terakhir, Anda bisa langsung mencari deretan produk generator terbaik di Honda Power. Tersedia genset dengan teknologi inverter yang mampu menghemat penggunaan bahan bakar serta ramah bagi lingkungan. 

Penggunaannya sudah pasti membantu Anda menghemat listrik rumah tetapi juga aman saat dinyalakan. Listrik yang dihasilkan oleh genset Honda Power juga sangat baik bahkan setara dengan listrik dari PLN. Temukan genset terbaik dan tepercaya sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Honda Power Product!

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->