Penyebab Genset Tidak Mau Hidup, Ketahui Penyebabnya!

29 December 2023

penyebab genset tidak mau hidup

Kepemilikan Sobat Honda atas berbagai alat, mesin, termasuk genset jelas perlu dijaga dengan baik. Apakah Sobat Honda sudah melakukan perawatan dengan benar? Atau jangan-jangan selama ini apa yang Sobat Honda lakukan salah? Apakah mungkin perawatan tersebut yang menjadi penyebab genset tidak mau hidup seperti yang seharusnya?

Sudah jelas bahwa mesin apa pun, seperti halnya genset, perlu dirawat dan dibersihkan secara berkala. Sobat Honda tidak bisa hanya menggunakannya tanpa melakukan pemeriksaan berkala pada berbagai komponen yang ada dalam genset saat waktunya tiba. 

Apabila hal ini yang dilakukan maka jangan kaget kalau genset tersebut tidak mau hidup secara permanen alias rusak total. Uang yang sudah Sobat Honda keluarkan untuk membeli genset pasti jadi terbuang sia-sia. 

Namun selain melakukan perawatan yang dibutuhkan, Sobat Honda juga sudah seharusnya membeli genset berkualitas sejak awal. Membeli genset berkualitas tentunya akan membawa lebih banyak manfaat. 

Performa genset unggulan pasti akan jauh lebih maksimal saat dinyalakan. Kalau Sobat Honda membeli genset seperti yang ditawarkan oleh Honda Power Products maka daya tahannya pasti akan jauh lebih kuat. Pasalnya Honda Power Products hanya menggunakan bahan material terbaik dengan teknologi canggih kepada semua produk genset yang ditawarkan. 

Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari pelajari apa saja yang menyebabkan genset tidak mau hidup di bawah ini! 

6 Penyebab Genset Tidak Mau Hidup

Genset merupakan perangkat penting yang digunakan untuk menyediakan pasokan listrik cadangan dalam situasi darurat atau ketika terjadi pemadaman listrik. Namun, ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan genset tidak mau hidup. Beberapa penyebab di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Listrik di Rumah

1. Masalah Bahan Bakar

Salah satu penyebab umum genset tidak mau hidup ialah karena masalah bahan bakar. Ketersediaan bahan bakar yang tidak mencukupi atau kualitasnya yang buruk jelas dapat menghambat pengoperasian genset. 

Bahkan keberadaan kotoran atau kerak pada tangki bahan bakar mampu menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Apabila Sobat Honda tidak menyadarinya maka performa mesin genset akan makin menurun. 

2. Aki yang Lemah atau Mati

Aki yang lemah atau bahkan sudah mati dapat menjadi penyebab lain dari ketidakmampuan genset untuk menyala. Perlu diketahui bahwa aki yang lemah juga bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Jika Sobat Honda tidak rajin membersihkan seluruh komponen genset secara berkala maka jangan heran kalau terminal tersebut akan cepat berkarat. 

3. Kerusakan pada Busi

Busi yang rusak atau kotor dapat menyebabkan masalah pada pengapian mesin genset. Padahal peran busi sangat penting dalam proses pembakaran ketika genset dinyalakan. 

 

Keberadaan busi berfungsi untuk menciptakan percikan api dalam ruang bakar sehingga proses pembakaran campuran udara bersih dan bahan bakar bisa berlangsung sempurna. Jadi jelas saja genset tidak mau hidup ketika kondisi busi sudah sangat kotor atau rusak. 

4. Pemutus Arus (Breaker) Mati atau Terpicu

Pemutus arus alias breaker merupakan komponen penting dalam sistem genset yang berfungsi melindungi mesin dari lonjakan listrik yang tinggi agar tidak terjadi arus pendek. Jika pemutus arus mati atau terpicu maka genset tidak dapat menyala. 

 

Jika Sobat Honda sudah melakukan pemeriksaan bagian genset lainnya dan tidak menemukan masalah maka bisa dipastikan bahwa breaker yang menjadi penyebab utama mengapa genset mati. 

5. Masalah pada Sistem Bahan Bakar

Selain bahan bakar itu sendiri, ada kemungkinan terdapat masalah pada sistem bahan bakar genset. Penyumbatan saluran atau kebocoran pada selang bahan bakar dapat menghambat aliran bahan bakar ke mesin. Pada akhirnya bahan bakar yang dibutuhkan mesin jadi tidak dapat tersalurkan dan membuat mesin tidak mau hidup. 

6. Keausan pada Komponen Penting

Seiring dengan umur penggunaan genset, komponen-komponen penting dapat mengalami keausan. Komponen yang dimaksudkan ialah kopling, pengapian, dan regulator tekanan udara. Keausan ini jelas dapat menghambat kinerja genset dan menyebabkan genset tidak mau hidup. 

Cara Mengatasi Genset Tidak Mau Hidup

Ketika Sobat Honda mendapati genset tidak mau dihidupkan, jangan telanjur panik. Sobat Honda masih bisa mencoba menghidupkannya dengan berbagai cara yang akan dijelaskan berikut ini.

Baca Juga: 7 Penyebab dan Cara Memperbaiki Genset Tidak Keluar Tegangan

1. Periksa Sistem Bahan Bakar

Sebelum Sobat Honda membawanya ke tempat servis, coba periksa dahulu ketersediaan bahan bakar pada genset. Apabila jumlah bahan bakar yang ditemukan sedikit maka jelas saja genset tidak mau hidup. Untuk masalah ini tentunya Sobat Honda hanya perlu mengisi bahan bakar hingga batas maksimal yang dianjurkan. 

Kemudian periksa juga kualitas bahan bakar yang digunakan agar proses pembakarannya sempurna. Jika perlu, bersihkan atau ganti filter untuk memastikan aliran bahan bakar yang lancar ke mesin genset.

2. Periksa Aki dan Sistem Pengapian

Apabila masalah bahan bakar sudah selesai tetapi genset masih tidak mau menyala, coba periksa keadaan aki yang terpasang. Pastikan aki memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan mesin genset. 

Sobat Honda bisa menggunakan voltmeter untuk memeriksa berapa banyak daya yang tersedia di dalamnya. Jika Sobat Honda menemukan tegangan terlalu rendah maka ada baiknya ganti aki dengan yang baru. 

Penggunaan aki yang sudah terlalu lama tentunya tidak bisa diperbaiki lagi untuk menghasilkan daya seperti saat pertama kali digunakan. Selagi mengganti aki, periksa juga sistem pengapian genset untuk memastikan semua komponen berada dalam keadaan yang baik. 

Beberapa pemeriksaan bagian sistem pengapian yang dimaksudkan ialah busi, kabel, dan lain sebagainya. 

3. Cek Pemutus Arus (Breaker)

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa pemutus arus yang mati akan mengakibatkan genset tidak mau menyala. Itu berarti Sobat Honda harus memastikan pemutus arus berada dalam posisi hidup (ON). 

Jika pemutus arus terpicu maka lakukan reset dengan mematikan dan menghidupkannya kembali. Apabila cara tersebut sudah dilakukan tetapi tidak terjadi apa-apa maka coba periksa keadaannya. Pastikan bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut.

4. Pemeriksaan Sistem Pendingin

Keberadaan sistem pendingin pada mesin genset berguna mengatur suhu agar tidak terjadi overheat. Namun kalau Sobat Honda menemukan genset tidak mau menyala setelah digunakan maka ada kemungkinan mesin mengalami kepanasan. 

Saat hal ini terjadi, Sobat Honda perlu memeriksa level cairan pendingin yang ada dalam saluran. Pastikan bahwa tidak ada kebocoran pada sistem pendingin yang dapat menyebabkan mesin menjadi overheat. Apabila cairannya berkurang maka Sobat Honda bisa mengisinya dengan cairan khusus yang dianjurkan sehingga suhu mesin dapat diturunkan pada keadaan yang normal.

5. Bawa Genset ke Tempat Servis Tepercaya

Jika Sobat Honda sudah melakukan langkah-langkah di atas namun genset masih tidak mau hidup, coba bawa mesin ke tempat servis tepercaya. Teknisi yang berpengalaman pasti dapat melakukan pemeriksaan mendalam dan melakukan perbaikan yang diperlukan. 

Hindari perbaiki genset mandiri jika Sobat Honda tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang cukup agar keselamatan diri sendiri dan orang lain dapat terjaga.

Melihat informasi yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya penyebab genset tidak mau hidup terbilang sederhana. Kebanyakan masalah yang mengakibatkannya bisa diatasi dengan cara-cara seperti mengisi ulang bahan bakar atau melakukan pembersihan mesin secara berkala. 

Meski sederhana, kedua hal inilah yang sangat berpengaruh terhadap daya tahan mesin genset yang Sobat Honda miliki. Ketika Sobat Honda rutin membersihkan dan memeriksa seluruh komponen genset yang ada maka jangka waktu pemakaiannya bisa sangat panjang. 

Namun kalau genset sudah tidak mau menyala dan Sobat Honda membutuhkan mesin lainnya yang lebih berkualitas, langsung saja kunjungi Honda Power Products sekarang juga. Tersedia berbagai kapasitas mesin genset yang bisa Sobat Honda pilih sesuai kebutuhan. 

Berbagai teknologi canggih sudah dipasang pada genset untuk memastikan kemudahan penggunaan dan efisiensi ketika dinyalakan. Pastinya Honda Power Products hanya menawarkan genset berkualitas untuk memastikan kepuasan Sobat Honda . 

Beberapa contoh genset yang ditawarkan seperti Genset - EU10i, Genset - EU22i, Genset - EU30is, dan masih banyak lagi. Kalau begitu segera pilih genset Honda Power Products yang Sobat Honda butuhkan dan bawa pulang mesinnya hari ini juga! 

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->