Cara Menyalakan Genset yang Baik dan Benar

24 October 2023

cara menyalakan genset yang baik

Pemahaman tentang genset (generator set) harus dimiliki oleh setiap pemilik. Seperti yang kita ketahui genset merupakan salah satu alat yang dapat menyuplai daya listrik ketika sumber listrik utama dari PLN terputus.  Apabila daya listrik sudah kembali nyala, saklar transfer akan otomatis mematikan alat generator lalu kembali memindahkan sumber tenaga ke listrik rumah Anda. Jangan hanya tahu penting lalu dibeli tetapi tidak mengerti cara mengoperasikannya. Perlu diingat bahwa cara menyalakan genset ini tidak sembarangan. 

Jika Sobat Honda langsung menyalakan mesin tanpa memahami peringatan dan bahayanya maka potensi kecelakaan akan sangat tinggi. Benar, Sobat Honda tidak salah membacanya. Kelalaian, ketidaksengajaan, dan ketidaktahuan bisa berakibat sengatan listrik yang berujung pada kematian. 

Oleh karena itu Sobat Honda akan diajak memahami cara menyalakan genset yang baik supaya berfungsi dengan benar serta menghindarkan diri sendiri dari bahaya kecelakaan Siapkan buku catatan Anda dan mari mulai pembahasannya! 

Bagaimana Cara Menyalakan Genset dengan Tepat?

Seharusnya kecelakaan tidak perlu terjadi dengan adanya banyak label peringatan serta buku panduan yang disediakan setiap kali Anda membeli suatu barang. Sama halnya seperti pembelian genset yang sudah dilengkapi dengan seluruh instruksi agar pengoperasiannya dilakukan dengan benar. 

Pertanyaannya, apakah Anda sudah membacanya? Kebanyakan masyarakat tidak mau membaca buku panduan karena alasan malas atau terlalu panjang. Padahal semua informasi penting tentang genset sudah termuat di dalamnya. 

Jika Anda kebingungan soal fungsi knop atau tuas maka jawabannya sudah ada dalam buku panduan. Apabila Anda ragu harus mengisi bahan bakar sampai batas mana maka jawabannya juga tersedia di dalam buku panduan. 

Ingatlah bahwa buku panduan diberikan kepada setiap orang yang melakukan pembelian dengan maksud dan tujuan yang baik. Tidak mungkin penjual memberikan buku panduan hanya karena iseng atau untuk menambah pekerjaan pembelinya. 

Tentu hal tersebut sangat tidak masuk akal. Jadi apabila Anda belum pernah membacanya, mulailah buka buku panduan yang diberikan dan pahami seluruh informasi tersebut. 

Terlepas dari buku panduan yang penting, Honda Power telah merangkum informasi tentang cara menyalakan genset yang penting untuk diketahui. Coba perhatikan beberapa poin berikut ini. 

1. Letakkan Genset di Area Terbuka

Menyalakan atau menghidupkan genset tidak boleh di area yang tertutup seperti garasi, dalam ruangan rumah, depan pintu, atau depan jendela. Suhu panas yang dikeluarkan oleh genset dapat berpotensi membakar benda atau rumah jika Anda membiarkannya. 

Dan juga gas buang yang dihasilkan oleh genset jika diletakkan di dalam ruangan dapat menimbulkan keracunan. Pastikan genset memiliki jarak aman dari benda dan orang di sekitar setidaknya sejauh 1 meter.

Baca juga: Rekomendasi Genset Silent Terbaik Untuk Rumah Tangga

2. Isi Bahan Bakar sesuai Batasannya

Genset yang baru pertama kali ingin dihidupkan perlu terlebih dahulu diisi oleh bahan bakar. Temukan tutup tangki bahan bakar di genset lalu bukalah secara perlahan. Pastikan keadaan mesin mati dan dingin. 

Kemudian jauhkan benda-benda yang dapat membuat percikan api seperti rokok dan pemantik. Jika semuanya sudah aman barulah menuangkan bahan bakar sampai batasannya. Jangan isi sampai meluap karena luapan bahan bakar dapat menyebabkan permasalahan ketika Anda menyalakan genset. 

Biasanya tiap genset memiliki indikator pengisian bahan bakar sehingga Anda bisa dengan mudah mengetahui kapan tangki penuh.

Baca juga: 4 Perbedaan Genset Bensin Dan Solar, Mana Yang Lebih Baik?

3. Pastikan Genset dan Seluruh Area di Sekitarnya Kering

Apabila ada tumpahan setelah pengisian, pastikan semuanya sudah Anda bersihkan karena bensin yang menguap atau masih tersisa di badan genset akan menciptakan ledakan. 

Perhatikan juga area sekitar genset apakah sudah terbebas dari cairan bahan bakar yang tertumpah atau belum. Anda bisa menyiramnya dengan air bersih agar sisa-sisa bahan bakar mengalir dan terbuang. Lalu lap genset dengan kain dan pastikan sudah mengering sempurna.  

4. Pahami Setiap Fungsi Tiap Bagian dalam Panel Kontrol

Pahami juga fungsi tiap bagian yang ada di dalam panel kontrol. Biasanya panel kontrol memiliki semua tombol atau tuas yang berguna untuk menghidupkan atau mematikan mesin, mengalirkan daya listrik, dan membuka saluran bahan bakar. 

Pahami seluruhnya dengan baik agar Anda tidak bingung ketika akan menggunakannya. Pemahaman yang baik akan hal ini juga akan membuat Anda waspada serta berhati-hati ketika mesin mulai dinyalakan.

Baca juga: Jenis-Jenis Genset Berdasarkan Kapasitasnya

5. Lakukan Pemeriksaan Sebelum Menyalakannya

Pemeriksaan sekali lagi diperlukan untuk memastikan semua keadaan sudah baik. Periksa kondisi komponen seperti baterai, radiator, accu, oli mesin, kabel accu, dan kabel mesin. Anda perlu memeriksa genset, kabel yang akan digunakan untuk menyalakan perangkat elektronik di rumah, serta perangkat elektronik itu sendiri.

Pastikan semua kabelnya tidak ada yang rusak atau pernah mengalami korsleting. Jangan membahayakan nyawa Anda dan orang di sekitar dengan menggunakan kabel rusak karena arus pendek, kebakaran, dan kecelakaan dapat terjadi. 

Perhatikan lagi label-label tanda bahaya, peringatan, dan perhatian. Ketiga label tersebut perlu Anda ingat baik-baik untuk menghindari segala kejadian buruk yang tidak diinginkan. 

6. Mulai Menyalakan Mesin

Jika semua sudah siap maka Anda bisa mulai menyalakan mesinnya. Perlu diketahui, untuk melakukan pemanasan pada genset terlebih dahulu sekitar 5-10 menit. Cara menyalakan mesin di setiap genset secara umum akan berbeda-beda. Anda bisa langsung kembali membaca panduan agar genset berfungsi dengan baik tanpa gangguan. 

Berikut ini cara menyalakan genset dari Honda Power, yaitu: 

  • Atur tuas pemutus arus berada di posisi “OFF”.
  • Putar keran bahan bakar ke posisi “ON”.
  • Tarik Knop Choke ke posisi “TUTUP” jika suhu mesin dalam keadaan dingin. Setelah beberapa detik kembalikan posisi choke ke posisi awal. 
  • Hidupkan mesin dengan memutar sakelar mesin ke posisi “START” dan tahan sampai genset menyala. 

Setiap kali ingin menggunakan genset, Sobat Honda perlu memastikan bahwa keadaan sekitarnya sudah kering dan terbebas dari barang yang menjadi pemicu kebakaran. 

Lakukan cara menyalakan genset yang benar seperti penjelasan di atas supaya Sobat Honda terhindar dari bahaya kecelakaan. Honda Power sendiri memiliki deretan genset berkualitas yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih. 

Tentunya penggunaan genset dari Honda Power akan membantu banyak aktivitas ketika supply listrik dari pusat mengalami gangguan. Temukan genset terbaik dan tepercaya sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Honda Power Product.

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->