7 Penyebab Kapasitor Genset Sering Rusak

13 November 2023

penyebab kapasitor genset sering rusak

Sobat Honda, dalam menjaga kinerja genset agar selalu optimal, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah kapasitor. Ketika tidak dirawat dengan baik maka komponen ini sering mengalami kerusakan yang dapat memengaruhi kinerja dan daya tahan genset Sobat Honda. Untuk memastikan genset Sobat Honda tetap berfungsi dengan baik, mari kenali beberapa penyebab kapasitor genset sering rusak. 

Tentunya Sobat Honda tidak ingin genset yang dimiliki selalu rusak dan tidak bisa digunakan, bukan? Itu sebabnya pastikan Sobat Honda melakukan perawatan terbaik dan mempelajari apa saja yang menyebabkan kapasitor sering rusak. 

Kemudian coba periksa juga apakah genset atau generator yang Sobat Honda miliki sudah memiliki kualitas sesuai standar atau belum. Jika ternyata kualitas genset tersebut buruk maka jangan heran kalau kapasitor sering rusak. Lebih baik Sobat Honda langsung mengganti genset lama dengan yang baru dari Honda Power Products. 

Genset atau generator yang ditawarkan Honda Power Products jelas memiliki kualitas tinggi dengan menggunakan komponen terbaik yang akan memastikan ketahanannya. Coba langsung kunjungi Honda Power Products untuk mencari generator dengan spesifikasi serta kapasitas yang dibutuhkan. 

Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari langsung simak informasinya di bawah ini! 

Mengenal Kapasitor Genset

Kapasitor genset adalah salah satu komponen penting dalam sistem genset yang memainkan peran kunci dalam pengaturan pasokan listrik. Sebagai dasar pemahaman, kapasitor sebenarnya merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk medan listrik. 

Fungsi utama kapasitor ialah untuk menampung dan melepaskan energi listrik dengan cepat ketika diperlukan. Kapasitor terdiri dari dua pelat konduktif yang dipisahkan oleh bahan dielektrik (non-konduktif) seperti plastik, kertas, atau bahan keramik. Konfigurasi ini menciptakan medan listrik yang memungkinkan kapasitor untuk menyimpan muatan listrik.

Pada genset atau generator set, kapasitor memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan kinerja sistem. Ketika genset mulai beroperasi atau saat terjadi lonjakan beban listrik, kapasitor genset akan melepaskan energi listrik yang telah disimpannya untuk membantu mengimbangi permintaan tersebut. 

Hal ini sangat berguna untuk menjaga stabilitas pasokan listrik, khususnya saat genset beroperasi pada beban awal atau ketika terdapat peralatan dengan beban tinggi yang terhubung.

Kapasitor genset juga membantu dalam memperbaiki faktor daya. Faktor daya sendiri mengacu pada ukuran efisiensi dalam mengonversi energi listrik menjadi kerja yang berguna. Kapasitor membantu meningkatkan faktor daya dengan menyediakan daya tambahan yang bisa digunakan untuk mengimbangi daya reaktif yang mungkin dihasilkan oleh beban tertentu. 

Hal ini memungkinkan sistem listrik untuk bekerja lebih efisien dan menghindari pemborosan energi. Ketika kapasitor genset mengalami kerusakan atau kegagalan maka kinerja keseluruhan genset jadi tidak optimal, bahkan mengakibatkan pemadaman listrik. Oleh karena itu pemeliharaan dan perawatan kapasitor genset menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa genset Sobat Honda dapat beroperasi dengan baik dan andal. 

7 Penyebab Kapasitor Genset Sering Rusak

Setiap komponen yang terpasang dalam genset pasti penting, termasuk kapasitor. Namun sayangnya kapasitor genset sering mengalami kerusakan yang dapat memengaruhi kinerja dan daya tahan genset. Selain disebabkan oleh pemeliharaan yang buruk, coba cari tahu lebih banyak apa lagi yang membuat kapasitor cepat rusak.

1. Penuaan Alami

Penuaan alami menjadi penyebab umum kerusakan kapasitor genset. Keberadaannya yang sangat penting punya sisi keterbatasan, yakni memiliki umur pakai yang sangat terbatas. Seiring berjalannya waktu kapasitor akan mengalami perubahan dalam nilai kapasitansinya. Hal inilah yang dapat mengakibatkan penurunan kemampuan kapasitor untuk menyimpan dan melepaskan energi listrik dengan efisien. 

Akibatnya kinerja kapasitor akan menurun yang dapat memengaruhi kinerja genset secara keseluruhan. Penting untuk secara berkala memeriksa dan mengganti kapasitor yang telah mencapai batas usia atau menunjukkan tanda-tanda penuaan.

2. Overvoltage atau Undervoltage

Tegangan listrik yang melebihi batas normal (overvoltage) atau kurang dari batas normal (undervoltage) juga dapat merusak kapasitor genset. Overvoltage, seperti lonjakan tegangan listrik yang tiba-tiba, dapat menyebabkan tegangan berlebih pada kapasitor sehingga kerusakan struktural atau bahkan ledakan bisa saja terjadi. 

Di sisi lain, undervoltage atau tegangan yang terlalu rendah dapat memengaruhi kemampuan kapasitor untuk berfungsi dengan baik dan menyimpan energi listrik. Mencegah fluktuasi tegangan yang ekstrem dan memasang perlindungan tegangan yang sesuai merupakan langkah tepat untuk menjaga kapasitor genset tetap aman.

Baca Juga: 8 Penyebab Genset Tidak Stabil dan Cara Mengatasinya

3. Kualitas Komponen yang Buruk

Pemilihan kapasitor yang buruk atau berkualitas rendah saat penggantian awalnya juga dapat menyebabkan kerusakan makin cepat. Kapasitor yang berkualitas buruk sangat mungkin untuk memiliki masa pakai yang lebih pendek dan cenderung rentan terhadap kerusakan. 

Oleh karena itu sangat penting untuk memilih kapasitor yang sesuai dengan spesifikasi dan standar kualitas yang diperlukan. Kapasitor berkualitas tinggi akan lebih tahan lama dan dapat menjaga kinerja genset dengan baik.

4. Beban Berlebih

Mengoperasikan genset pada kapasitas maksimum atau melebihi batas beban yang direkomendasikan secara berlebihan dapat mengakibatkan stres berlebih pada kapasitor. 

Kapasitor akan terpaksa bekerja keras untuk menyediakan energi tambahan dan ini dapat memperpendek masa pakai kapasitor. Penting untuk mengoperasikan genset sesuai dengan kapasitasnya dan tidak melebihi batas beban yang telah ditentukan agar kapasitor tidak terlalu terbebani.

5. Suhu Ekstrem

Suhu ekstrem, baik terlalu panas atau terlalu dingin, dapat memengaruhi kinerja kapasitor genset. Kapasitor yang terpapar suhu ekstrem dapat mengalami perubahan dalam nilai kapasitansi dan resistansi internal yang akhirnya merusak fungsi kapasitor. Penting untuk memastikan bahwa kapasitor terlindungi dari suhu ekstrem dan berada dalam kondisi lingkungan yang sesuai.

Baca Juga: Tips Menyimpan Genset yang Baik dan Benar

6. Kontaminasi dan Kelembapan

Kontaminasi seperti debu atau kelembapan yang masuk ke dalam kapasitor dapat menyebabkan korosi atau gangguan dalam kinerja kapasitor. Kelembapan yang tinggi dalam lingkungan dapat merusak komponen internal kapasitor, sementara debu atau kotoran dapat mengganggu kontak dan isolasi kapasitor. Itu sebabnya membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar kapasitor tetap bersih serta kering sangat penting dilakukan.

7. Kondisi Lingkungan yang Buruk

Lingkungan yang keras, seperti area dengan getaran berlebih atau kejutan mekanis, dapat menyebabkan kerusakan pada kapasitor genset. Getaran atau kejutan dapat mengakibatkan perpindahan atau retakan pada komponen internal kapasitor yang berakhir merusaknya. 

Jadi pastikan bahwa setiap pemasangan kapasitor sudah dilakukan dengan perlindungan fisik yang tepat dan terhindar dari lingkungan lembap yang dapat merusaknya.

Bagaimana Sobat Honda? Apakah Sobat Honda sudah paham mengenai berbagai penyebab kapasitor genset sering rusak? Melalui informasi di atas semoga Sobat Honda jadi lebih mengerti dan menyadari pentingnya melakukan perawatan yang tepat. 

Jangan lupa bahwa memiliki generator berkualitas tinggi merupakan langkah awal yang harus Sobat Honda lakukan dalam menjaga pasokan listrik yang andal. Honda Power Products dapat dijadikan sumber tepercaya untuk menyediakan generator terbaik yang siap memenuhi kebutuhan Sobat Honda. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Generator Honda 4 Tak

Honda Power Products menawarkan berbagai pilihan generator berkualitas tinggi yang akan memberikan Sobat Honda ketenangan pikiran setiap kali mesin dinyalakan. Desainnya pun dibuat modern untuk memudahkan Sobat Honda dalam setiap penggunaan. 

Beberapa di antaranya seperti EU10i, EU70is, EP2500CX, dan masih banyak lagi. Langsung saja kunjungi Honda Power Products sekarang juga dan temukan generator yang Sobat Honda butuhkan!

Honda Power Products Indonesia

Honda Power Products menyediakan mesin serbaguna, generator, pemotong rumput, pemotong sikat, pompa air, dan mesin tempel.

Artikel Terkait

l.carousel.min.js">--> rap.min.js">-->